Saturday, October 11, 2014

Ciri–ciri bahasa manusia




Secara tegas dapat dibedakan bahwa manusia menggunakan bahasa sedangkan hewan melakukan komunikasi. Komunikasi hewan hanya terjadi dengan sesamanya serta digunakan sebagai upaya untuk mengungkap situasi internal(takut, kesiapan untuk kawin) atau merespon stiuasi eksternal (bahaya, makanan). Sebagai contoh, induk ayam mengeluarkan bunyi-bunyi tertentu dan segera saja anak-anak ayam menghampiri induknya. Dengan cara menari-nari lebah dapat memberitahu lebah lain bahwa ada sumber makanan; berapa banyak, dimana sumbernya dan berapa jaraknya. Jenis  kera tertentu, dapat memberitahu apabila ada bahaya mengancam, dengan cara berbeda jika bahaya itu berasal dari luar, elang atau leopard.


Menurut Chomsky, manusia mempunyai piranti pemerolehan bahasa (language acquisition device) yang tidak dipunyai oleh mahluk lain. Dengan piranti bahasa tersebut manusia bisa belajar berbagai macam bahasa sekaligus memproduksi bahasa tersebut. Bahkan manusia bisa berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Ringkasnya, manusia bisa menggunakan bahasa dengan berbagai tujuan dan cara. Bahasa juga bersifat khas manusia, artinya hanya manusia yang dapat berbahasa. Para ahli telah berusaha mati-matian untuk mengajari hewan tertentu (misalnya simpanse bernama Washoe dan Sarah serta seekor gorilla bernama Koko) agar bisa berbahasa, namun hasilnya tidak sesuai harapan (Steinberg dkk.,, 2001 dan Aitchison,1983).
Perkembangan kemampuan manusia dalam berbahasa dimulai sejak manusia dilahirkan. Bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa sejak dalam kandungan manusia sudah bisa berkomunikasi (dalam arti merespon suatu stimulus). Mereka menemukan bahwa fungsi otak dan denyut jantung janin juga dipengaruhi oleh keadaan di luar lingkungannya.
Berbagai upaya pernah dilakukan untuk mengajari hewan berbahasa. Hasilnya, segala  keterampilan yang  didapatkan leeway proses belajar belumlah menunjukkan satu perilaku berbahasa. Dengan demikian, bahasa merupakan kemampuan khas yang  hanya dimiliki  oleh manusia

No comments:

Post a Comment

Panduan menggunakan Appsheet untuk orang awam

  Penulis:  Bard (large language model from Google AI), 3 Juni 2024 AppSheet adalah platform pengembangan aplikasi tanpa kode (no-code) yang...