Monday, September 22, 2014

Program semester ganjil kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Inggris silabus wajib



contoh program semester diharapkan dapat membantu rekan-rekan guru atau calon guru dalam membuat program semster
PROGRAM SEMESTER GANJIL
MATA PELAJARAN          : BAHASA INGGRIS (PEMINATAN)
KELAS / SEMESTER         : X / 1
TAHUN PELAJARAN       : 2014 / 2015
KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi dasar
Indikator
Alokasi waktu
bulan
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5

1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.














4.1.                     Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.





















3.1.1 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaan
3.1.2. mendiskusikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaan
3.1.3. memaparkan fungsi sosial strukture teks dan unsure kebahasaan dari teks pemaparan jati dirisesuai dengan konteks penggunannya
3.1.4. menganalisis  fungsi sosial strukture teks dan unsure kebahasaan dari teks pemaparan jati dirisesuai dengan konteks penggunannya


4.1.1.  Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
4 X 45 menit (2 pertemuan)
Libur semester
Libur semester


Libur idhul fitri


















Ujian semester
Persiapan pembagian raport
Libur semester
Libur semester
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya





4.2.Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

























3.2.1. mengidendifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.2.2. mendiskusikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.2.3. memaparkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.2.4. menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.2.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4 X 45 menit (2 x pertemuan)



























1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.









4.3.. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks




















3.3.1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.3.2. Mendiskusikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.3. memaparkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.4. menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.


4.3.1.      . Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
4 X 45 menit (2 x pertemuan)



























1.1.         Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. .Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
3.4. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya

















4.4. . Menyusun teks lisan dan tulis untuk kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur

















3.4.1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk  menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.4.2. . Mendiskusikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.3. Memaparkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.4. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.


4.4.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur

2 X 45 menit (2 X pertemuan)



























1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
3.5. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya





4.5. Menyusun teks lisan dan  tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamatbersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.






















3.5.1. Mengidentifikasi Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons ucapan selamat bersayap (extended).
3.5.2. Mendiskusikan Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons ucapan selamat bersayap (extended).
3.5.3. Memaparkan Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons ucapan selamat bersayap (extended).
3.5.4. Menganalisis Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan meresponsucapan selamat bersayap (extended).
4.5.1. Menyusun teks lisan dan  tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamatbersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks
4 X 45 menit (2 X pertemuan)



























1.1.         Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
3.6. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. Teks Past Simple dan Present Perfect Tense.





4.6. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang

























1.    Mengidentifikasi Teks Past Simple
2.    Mendiskusikan Teks Past Simple
3.    Memaparkan Teks Past Simple
4.    Menganalisis Teks Past Simple
5.    Mengidentifikasi Present Perfect Tense.
6.    Mendiskusikan Present Perfect Tense.
7.    Memaparkan Present Perfect





4.6.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
4 X 45 menit (2 X pertemuan)




























                        : Libur Semester
                        : Libur Idhul Fitri
                        : Ujian Semester dan persiapan pembagian raport

Contoh puisi bahasa Lampung dan terjemahan bahasa Indonesianya



PEPACCUR
PEPACCUR
Ditujuko hagu sai ghagah                                    
Ghaja tughunan                                         
Adok anjak kelama                                    
Sinji ngejuk waghisan                                
Timbai lom cita-cita                                            
          Teghima kasih niham                                
          Jama umpuku nyawa                                
          Tepat gham kebiyan                                  
          Niku kak gatti nama
Kik dija senakam
Sikam juk kelama
Gham ik ghagom nimbulan
Diampak tuha-tuha
          Lamon sai adok suttan
          Kak ngedok dipa-dipa
          Tegi wayah keghagoman
          Sai penting pandai cagha
Kigha  puwan ngejuk saghan
Lamon munih wat guna
Tanda sikam buha ghopan
Di kuti benulung tuha
Jak lunik seghedika
Induh sai ghupa ghosa
Sai penting mak kebetohan
Di andon kaban kelama
                                                Bahasa Indonesia
Ditunjukkan hagu yang laki laki      
Raja turunan                                              
Gelar dari paman                             
Sinji ngejuk warisan
Timbai lom cita-cita
          Terima kasih sungguh
          Dan umpuku nyawa
          Tepat kita kebiyan
          Kamu sudah ganti nama
Lihat dija senakam
Saya beri paman
Ramai sepakat nimbulan
Diampak  tua-tua
          Banyak yang gelar sultan
          Sudah punya dimana

          Tegi cara kesepakatan
          Yang penting pandai cara
Taksiran puwan ngejuk sengsara
Banyak juga ada guna
Tanda saya buaya ghopan
Dikalian anak tante

Dari kecil seghedikan
Induh yang rupa ghosa
yang penting tidak kelaparan

Panduan menggunakan Appsheet untuk orang awam

  Penulis:  Bard (large language model from Google AI), 3 Juni 2024 AppSheet adalah platform pengembangan aplikasi tanpa kode (no-code) yang...