Silabus
Sekolah                      : SMP ......
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran          :Bahasa Inggris
Semester                    : 1
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan 
                                       memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan 
                                       terdekat
|     Kompetensi  Dasar  |        MateriPokok /Pembelajaran  |        Kegiatan Pembelajaran  |        Indikator   |        Penilaian  |        Alokasi Waktu  |        Sumber  Belajar  |   ||
|     Teknik  |        Bentuk  Instrumen  |        Contoh Instrumen  |   ||||||
|     1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get   things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam   bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat   yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal,   memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang  |        Contoh: A :   Good morning      How are you   ?  B :   Fine Thanks.         Nice to meet you  A : Hello, I’ Nina  B : Hi, I’m Reny         Nice to meet you A :  Don’t do   that  B :  No. I won’t A :  Stop it B :  Ok  |        ·   Tanya jawab yang terkait dengan materi ·   Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan   sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang ·   Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan,   perkenalan, memberi perintah atau melarang. ·   Menjawab / merespon pertanyaan.  |        Merespon ungkapan ungkapan ·           Sapaan   orang yang sudah  / belum dikenal ·           Perkenalan   diri sendiri / orang lain  ·           Perintah /   larangan  |        ·Tes lisan ·Tes tertulis ·Unjuk kerja  |        · Merespon ungkapan lisan ·Pilihan Ganda ·Responding  |        Listen to the expressions and give your   response. ·     A: Good   morning.      B:  ....................... Listen to the expressions and choose the   best option. ·     “Hi, I’m   Yeny,... ....to meet  you    a.   Nice    b.   meet    c.   fine    d.   Thanks ·     Give it to   me.  |        2x40 menit  |        ·   Script ·   Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)  |   
|     1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal   (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara   akurat, lancar dan berterima untuk    beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur :   meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan   mengungkapkan kesantunan  |        Contoh : A :  Where’s the   book? B :  It’s there. A :    Thank you.  B :  You’re   welcome.  A :  I’m sorry.  B :  it,s okay.  A :  Please..! B :  All right   thanks.  |        1.  Mendengarkan dan merespon introduction   tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf,   kesantunan. 2.  memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam   mendengarkan topik materi 3.  mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan   terimakasih, permintaan maaf dan kesantunan 4.  mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.  5. menjawab/merespon pertanyaan   berdasarkan materi yang diperdengarkan  |        Merespon ungkapan-ungkapan : ·           Meminta   dan memberi informasi ·           Ungkapan   terima kasih ·           Permintaan   maaf ·           Kesantunan     |         Tes lisan  Tes tulis  |        Merespon   pertanyaan / ungkapan lisan Melengkapi  |        Listen to the questions / expression and give your   answer / response. A: How many persons are in       the   conversation?  B: ............  A: thank you so   much.  B: ............ Listen to the questions / expressions and complete the   sentences.   A:could you   open the door       for me?  B: .........  A: Sorry I’m   Late.  B: .........  |         2x40 menit  |        Buku guru Script percakapan tulis Rekaman percakapan dalam kaset, CD, DVD, film  |   
Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
                                       Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 
|      Kompetensi  Dasar  |          Materi Pokok / Pembelajaran  |          Kegiatan Pembelajaran  |          Indikator   |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber  Belajar  |    ||
|      Teknik  |          Bentuk  Instrumen  |          Contoh Instrumen  |    ||||||
|      2.1   Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks    lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima    untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  |          Contoh: ·      Keep    closed ! ·      Things to    buy  -      Sugar -      Flour -      Meat -      Butter ·   Congratulations ! ·   Well done ! ·   Announcement ! “ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day.”  |          1.     Tanya jawab yang terkait dengan materi 2.     Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang    berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase yang berkaitan dengan daftar benda/barang 3.     Mendengarkan percakapan yang sesuai dengan materi 4.     Menjawab/merespon pertanyaan tentang struktur    percakapan  |          ·            merespon    makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa: ·            Instruksi ·            Daftar  benda / barang ·            (Shoping list ) ·            Ucapan    selamat ·            Pengumuman  |          ·Tes lisan ·Unjuk kerja ·Tes tertulis  |          ·Pertanyaan ·Respon       tindakan ·Benar-salah  |          ·      A:What    does the writer want to           buy?       B: ............... ·      Stand up! ·      Raise    your hand! Listen to the statement and decide if the    statement is True (T) or False (F)  ·      I need to    get a pack of sugar. ...... (T / F)  |           2x40    menit  |          ·      Script percakapan ·      Gambar    benda-benda kebutuh-an sehari-hari ·      Bahan    rekaman (kaset, CD,VCD,dll)  |    
|      2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks    lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima    untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  |          Contoh: ·   Congratulations ! ·   Well done ! ·   Announce ment ! “ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day  |          1.       Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dalam    ungkapan-ungkapan  fungsional pendek    berupa instruksi, shopping list,    greeting card, announcement. 2.       Memperhatikan     kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat    dalam ungkapan-ungkapan  fungsional    pendek lisan berupa instruksi, shopping    list, greeting card, announcement 3.    Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik    materi terkait   4.    Mengidentifikasi makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang terkait    dengan topik materi 5.    Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang makna gagasan yang terdapat dalam    materi teks fungsional pendek lisan yang disampaikan  |          ·            Mengidentifikasi    makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa: -   Instruksi  -   Shopping    list -   Greeting    card        -  Announcement  |          Tes lisan Tes tulis            Unjuk kerja  |          Daftar pertanyaan Game Melengkapi T/F Pilihan    ganda Menjodoh  Respon tindakan  |          Listen    and answer the questions orally! Listen    and mention as many shopping list items as you can remember  Listen    and fill in the blank spaces Write    down T/F for the statements Choose    the best answer by crossing a, b, c, or d Match    the statements in list A and B Listen    the instruction and do it!   |          2x40    menit  |           Script    teks funsional pendek lisan  Dari    buku teks Script teks fungsional    pendek lisan yang ada dalam kehidupan nyata Rekaman    kaset, CD, DVD, film  |    
Standar Kompetensi : 3. Berbicara
                                        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan 
                                        lingkungan terdekat
|     Kompetensi  Dasar  |        Materi Pokok / Pembelajaran  |        Kegiatan Pembelajaran  |        Indikator   |        Penilaian  |        Alokasi Waktu  |        Sumber  Belajar  |   ||
|     Teknik  |        Bentuk  Instrumen  |        Contoh Instrumen  |   ||||||
|     3.1  Melakukan   interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang   menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan   memerintah atau melarang  |        Contoh: A :   Good   morning         How Are   you? B :   Fine   thanks. A :   Hi, I’m Rani B :   Hello, I’m   Nina. A :   Go away ! B :   Okay. A :   Don’t be   Noisy B :   I won’t.  |        1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan materi. 2.     Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan. 3.     Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai   materi. 4.     Latihan percakapan dalam bentuk dialog. 5.     Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi   dalam situasi nyata.  |        ·     Mengungkapkan   berbagai tindak tutur: -       Menyapa yang belum/sudah dikenal -       Memperkenalkan diri sendiri/orang lain. -       Memerintah/melarang  |        · Tes lisan ·unjuk kerja  |        ·pertanyaan Performance  |        ·     Answer the   questions orally! ·     Perform   the dialogue in  front of the class!  |        2x40 menit  |        ·     Script percakapan ·     Buku teks   yang relevan ·     Alat   peraga  |   
|     3.2  Melakukan   interaksi               dengan lingkungan      terdekat yang melibatkan tindak tutur :   meminta dan memberi informasi,    mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan   |        Contoh   : A.     Where is it ? B.     It’s here. A.     Thanks a lot. B.     You’ re          Welcome. A.     I’ m sorry. B.     It’s Okay. A. Please,         come in.  B.Thank you.  |        1.    Mendengarkan dan memberi respon tentang introduction tindak tutur topik materi yang akan disampaikan 2.    Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang muncul   dalam tindak tutur dengan topik materi yang akan disampaikan 3.    Mendengarkan model percakapan yang menggunakan tindak tutur tentang topik   materi yang disampaikan 4.    Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan   teman 5.    Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan   variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas   |        1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai hal :  ·     Meminta   dan memberi informasi  ·     Mengucapkan   terima kasih ·     Meminta   maaf 2. Mengungkapkan kesantunan  |         Tes lisan       Unjuk kerja  |        Tanya jawab Bermain peran  |        Ask and answer questions to your friends based on the   situation given or picture  Perform a role play with your friend about asking and   giving information  |         4x40 menit  |         Script percakapan Buku teks berisi percakapan  Alat peraga  |   
Standar Kompetensi : 4. Berbicara
                                       Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 
|     Kompetensi  Dasar  |        Materi Pokok/ Pembelajaran   |        Kegiatan Pembelajaran  |        Indikator    |        Penilaian  |        Alokasi Waktu  |        Sumber  Belajar  |   ||
|     Teknik  |        Bentuk  Instrumen  |        Contoh Instrumen  |   ||||||
|     4.1    Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana   secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan   terdekat  |        Teks Fungsional : ·           Intruction  ·           Shopping list ·           Greetings ·           Announcement  |        1.Tanya jawab yang berkaitan dengan        materi 2.Menirukan ungkapan-ungkapan sesuai       materi 3.Membahas kosakata dan struktur     percakapan 4.Latihan memberi perintah, mengucapkan  selamat, mengumumkan dengan singkat Menggunakan   ungkapan percakapan dalam situasi nyata  |        1.Memberi instruksi  2.Menyebut daftar benda  3.Mengucapkan selamat 4.Mengumumkan dengan    singkat  |        Tes lisan Unjuk kerja  |        ·Membahasakan gambar ·Performance   |        ·     Write an   instruction based on the picture shown! ·     Announce   an information about the ceremony!  |        2x40 menit  |        5. Buku teks yang relevan 6. Alat peraga 7. Rekaman kaset, CD,VCD,film 8. Rekaman percakapan otentik   |   
|     4.2.Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan   fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk   berinteraksi dengan lingkungan terdekat  |        1. Teks fungsional berbentuk : ·           instruction ·           shopping   list ·           greetings ·           announcement  |        1.     Mendengarkan dan memberi respon  introduction tentang makna gagasan   teks lisan fungsional pendek sesuai topik materi yang akan disampaikan 2.     Mendengarkan dan memberi respon penjelasan tentang kosakata, tatabahasa:   noun, noun phrase, adj, verb, adverbs, shrort answer, istilah-istilah dalam   teks fungsional pendek. 3.     Mendengarkan model teks-teks lisan fungsional pendek 4.     Menggunakan teks-teks fungsional pendek dalam simulasi 5.     Mengidentifikasi makna gagasan teks-teks lisan fungsional pendek 6.     Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara   lisan    |        1.     Memberi insruksi secara lisan. 2.     Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan. 3.     Memberi ucapan selamat 4.     Mengumumkan sesuatu  |        Tes lisan   |        Unjuk kerja  |        a.     Give instruction to your friend based on the picture. b.     Mention the things that you find in your bedroom c.     Congratulate your friend on his / her success in doing something d.     Tell your friend about the coming school holiday  |         2x40 menit  |         Script of short functional text Buku teks Rekaman kaset, CD,VCD, DVD, Fm Alat peraga  |   
No comments:
Post a Comment