Monday, November 24, 2014

Ukuran Biola

Biola mempunyai beberapa ukuran berbeda
Berikut ukuran-ukuran biola menurut umur dan ukuran panjang tangan:
1. Ukuran 4/4 atau ukuran dewasa. Biola ukuran 4/4 cocok  dengan panjang lengan 58 cm ke atas.
2. Ukuran 3/4. Biola ukuran 3/4 cocok dengan panjang lengan 54-56 cm
3. Ukuran 1/2. Biola ukuran 1/2 cocok dengan panjang lengan sekitar 50 cm
4. Ukuran 1/4. Biola ukuran 1/4 cocok dengan panjang lengan 45-47 cm .
5. Ukuran 1/8 . Biola ukuran 1/8 cocok dengan panjang lengan 42-45 cm .


Hal ini terjadi dikarenakan perbedaan ukuran tubuh si pemain biola yang berbeda-beda. Panjang tangan menjadi perbedaan yang mendasar untuk setiap violinist. Semakin panjang tangan, maka sering mencuri he he he,salah maksudnya biola yang dibutuhkan semakinberukuran besar, begitu juga sebaliknya yang mempunyai tangan yang pendek maka biolanya harus berukuran lebih kecil. Yang biasanya membutuhkan ukuran biola kecil yaitu anak-anak. Karena panjang tangan yang masih belum “nyampe” dan faktor kenyamanan bermain yang masih tidak cocok untuk memainkan biola yang berukuran dewasa. Anak-anak yang mulai belajar biola pada saat belum bertumbuh maksimal biasanya menggunakan biola yang berukuran lebih kecil yang dimulai dari yang terkecil 1/16, 1/10, 1/8, 1/4, 2/4 (1/2), 3/4, dan biola untuk dewasa 4/4. Kadang kadang biola berukuran 1/32 juga digunakan (ukurannya sangat kecil). Ada juga biola 7/8 yang biasanya digunakan oleh wanita.
Panjang badan (tidak termasuk leher) biola 'penuh' atau ukuran 4/4 adalah sekitar 36 cm (atau lebih kecil menurut beberapa model dari abad ke-17). Biola 3/4 sepanjang 33 cm, 1/2 sepanjang 30 cm.

Untuk menentukan ukuran biola yang cocok digunakan oleh seorang anak, biasanya sang anak disuruh memegang sebuah biola dan tangannya harus sampai menjangkau hingga ke gulungan kepala biola. Beberapa guru juga menganjurkan ukuran yang lebih kecil semakin baik.
Pemula biasanya menggunakan penanda di papan jari untuk menandai posisi jari tangan kiri, namun begitu terbiasa maka akan dilepaskan. Cara yang lain adalah dengan memberi setitik 'tip-ex' putih sebagai penanda posisi jari yang lama-lama akan hilang jika terus berlatih.

Biola biasanya digunakan dengan tangan kanan memegang busur dan tangan kiri menekan senar, meskipun orang tersebut adalah kidal, namun dalam beberapa kasus kadang-kadang seseorang juga dapat memainkannya secara kebalikan.

No comments:

Post a Comment

Panduan menggunakan Appsheet untuk orang awam

  Penulis:  Bard (large language model from Google AI), 3 Juni 2024 AppSheet adalah platform pengembangan aplikasi tanpa kode (no-code) yang...