contoh program semester diharapkan dapat membantu rekan-rekan guru atau calon guru dalam membuat program semster
PROGRAM SEMESTER GANJIL
MATA
PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
(PEMINATAN)
KELAS
/ SEMESTER : X / 1
TAHUN
PELAJARAN : 2014 / 2015
KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
Alokasi
waktu
|
bulan
|
||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.1.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai dengan konteks.
|
3.1.1
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri sesuai dengan konteks
penggunaan
3.1.2. mendiskusikan fungsi sosial struktur teks
dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri sesuai dengan konteks
penggunaan
3.1.3. memaparkan fungsi sosial strukture teks dan
unsure kebahasaan dari teks pemaparan jati dirisesuai dengan konteks
penggunannya
3.1.4. menganalisis fungsi sosial strukture teks dan unsure
kebahasaan dari teks pemaparan jati dirisesuai dengan konteks penggunannya
4.1.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk
memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai dengan konteks.
|
4 X 45 menit (2 pertemuan)
|
Libur semester
|
Libur semester
|
|
|
Libur idhul
fitri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian semester
|
Persiapan
pembagian raport
|
Libur semester
|
Libur semester
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan
teman.
3.2. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.2.Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.2.1.
mengidendifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.2.2. mendiskusikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.2.3. memaparkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.2.4. menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.2.1.
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
4 X 45 menit (2 x pertemuan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1.
Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.3. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan
perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3.. Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon
ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks
|
3.3.1.
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
3.3.2. Mendiskusikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.3.3. memaparkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.3.4. menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.3.1. .
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
dan sesuai konteks.
|
4 X 45 menit (2 x pertemuan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. .Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman
3.4. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.4. . Menyusun teks lisan dan
tulis untuk kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
|
3.4.1.
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai
dengan konteks penggunaannya
3.4.2. .
Mendiskusikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.3. Memaparkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.4.
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4.1. Menyusun teks
lisan dan tulis untuk kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
|
2 X 45 menit (2 X pertemuan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman
3.5.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan
ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.5.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon ucapan selamatbersayap (extended), dengan
memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
3.5.1.
Mengidentifikasi Teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons ucapan selamat bersayap
(extended).
3.5.2.
Mendiskusikan Teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespons ucapan selamat bersayap
(extended).
3.5.3.
Memaparkan Teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespons ucapan selamat bersayap
(extended).
3.5.4. Menganalisis Teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan
meresponsucapan selamat bersayap (extended).
4.5.1.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon ucapan selamatbersayap (extended), dengan
memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks
|
4 X 45 menit (2 X pertemuan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1.
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli
dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
3.6. Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya
dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Teks Past Simple dan Present Perfect Tense.
4.6.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang
|
1.
Mengidentifikasi Teks
Past Simple
2.
Mendiskusikan Teks
Past Simple
3.
Memaparkan Teks
Past Simple
4.
Menganalisis Teks
Past Simple
5.
Mengidentifikasi Present
Perfect Tense.
6.
Mendiskusikan Present
Perfect Tense.
7.
Memaparkan Present
Perfect
4.6.1. Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang
|
4 X 45 menit (2 X pertemuan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
: Libur
Semester
: Libur
Idhul Fitri
: Ujian
Semester dan persiapan pembagian raport
No comments:
Post a Comment