Monday, September 22, 2014

Program semester ganjil kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Inggris silabus wajib



contoh program semester diharapkan dapat membantu rekan-rekan guru atau calon guru dalam membuat program semster
PROGRAM SEMESTER GANJIL
MATA PELAJARAN          : BAHASA INGGRIS (PEMINATAN)
KELAS / SEMESTER         : X / 1
TAHUN PELAJARAN       : 2014 / 2015
KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi dasar
Indikator
Alokasi waktu
bulan
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5

1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.














4.1.                     Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.





















3.1.1 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaan
3.1.2. mendiskusikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaan
3.1.3. memaparkan fungsi sosial strukture teks dan unsure kebahasaan dari teks pemaparan jati dirisesuai dengan konteks penggunannya
3.1.4. menganalisis  fungsi sosial strukture teks dan unsure kebahasaan dari teks pemaparan jati dirisesuai dengan konteks penggunannya


4.1.1.  Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
4 X 45 menit (2 pertemuan)
Libur semester
Libur semester


Libur idhul fitri


















Ujian semester
Persiapan pembagian raport
Libur semester
Libur semester
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya





4.2.Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

























3.2.1. mengidendifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.2.2. mendiskusikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.2.3. memaparkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.2.4. menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.2.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4 X 45 menit (2 x pertemuan)



























1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.









4.3.. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks




















3.3.1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.3.2. Mendiskusikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.3. memaparkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.4. menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.


4.3.1.      . Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
4 X 45 menit (2 x pertemuan)



























1.1.         Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. .Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
3.4. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya

















4.4. . Menyusun teks lisan dan tulis untuk kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur

















3.4.1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk  menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.4.2. . Mendiskusikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.3. Memaparkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.4. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.


4.4.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur

2 X 45 menit (2 X pertemuan)



























1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
3.5. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya





4.5. Menyusun teks lisan dan  tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamatbersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.






















3.5.1. Mengidentifikasi Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons ucapan selamat bersayap (extended).
3.5.2. Mendiskusikan Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons ucapan selamat bersayap (extended).
3.5.3. Memaparkan Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons ucapan selamat bersayap (extended).
3.5.4. Menganalisis Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan meresponsucapan selamat bersayap (extended).
4.5.1. Menyusun teks lisan dan  tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamatbersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks
4 X 45 menit (2 X pertemuan)



























1.1.         Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
3.6. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. Teks Past Simple dan Present Perfect Tense.





4.6. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang

























1.    Mengidentifikasi Teks Past Simple
2.    Mendiskusikan Teks Past Simple
3.    Memaparkan Teks Past Simple
4.    Menganalisis Teks Past Simple
5.    Mengidentifikasi Present Perfect Tense.
6.    Mendiskusikan Present Perfect Tense.
7.    Memaparkan Present Perfect





4.6.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
4 X 45 menit (2 X pertemuan)




























                        : Libur Semester
                        : Libur Idhul Fitri
                        : Ujian Semester dan persiapan pembagian raport

Panduan menggunakan Appsheet untuk orang awam

  Penulis:  Bard (large language model from Google AI), 3 Juni 2024 AppSheet adalah platform pengembangan aplikasi tanpa kode (no-code) yang...