Sunday, January 1, 2012

silabus



Silabus
Sekolah                       : SD ......
Kelas                           : VI
Mata Pelajaran            :Bahasa Inggris
Semester                     : 1

Lesson
Topic
Kompetensi bahasa
ungkapan
Kegiatan
1
Fruits
·         Memahami nama buah-buahan
·         Mampu mengucapkan nama buah-buahan dengan ucapan dan lafal yang benar
·         Mampu menggunakan nama buah-buahan dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
Dino has a mango.

Jojo has a bunch of grapes.

Aldi and I have some mangoes.
·         Mendengarkan dan menirukan
·         Melengkapi kalimat
·         Melengkapi dialog
·         Menulis kalimat
·         Menggerjakan puzzle
2
Vegetables
·         Memahami nama sayur-sayuran
·         Mampu mengucapkan nama sayur-sayuran dengan ucapan dan lafal yang benar
·         Mampu menggunakan nama sayur-sayuran dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
I need sprouts.

Nina needs some carrots.

Ucok wants a tomato

They wants potatoes
·         Mendengarkan dan menirukan
·         Menyusun huruf menjadi kata
·         Menjodohkan nama sayur-sayuran dan gambar
·         Menyanyikan lagu
3
Food and beverages
·         Memahami nama-nama makanan dan minuman.
·         Mampu mengucapkan nama makanan dan minuman dengan ucapan dan lafal yang benar
Mampu menggunakan nama makanan dan minuman dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
What do you like to eat?
I like gado-gado,please!

What does she like to drink?
A glass of ice tea,please
·         Mendengarkan dan menirukan
·         Melengkapi kalimat
·         Melengkapi dialog
·         Menulis kalimat
·         Menggerjakan puzzle
4
Like and dislike
·         Memahami ungkapan ‘like’dan’dislike’
·         Mampu menggunakan ungkapan ‘like dan ‘dislike’dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
Do you like
reading?
yes, I do

What book do you like to read?
I like story book
·         Mendengarkan dan menirukan
·         Bermain peran
·         Melengkapi kalimat
·         Menyusun kata menjadi kalimat
·         Menulis jadwal
·         Menyanyikan lagu
5
Favourite
·         Memahami ungkapan ‘favourite’
·         Mampu menggunakan ungkapan ‘favourite’ dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
What is Fadil’s favourite sport ?

Fadil’s favourite sport  is tennis


·         Mendengarkan dan menirukan
·         Mendengarkan dan menirukan
·         Bermain peran
·         Melengkapi kalimat
·         Menyusun kata menjadi kalimat
·         Menulis kalimat
·         Mengerjakan teka-teki silang
·         Menyanyikan lagu

6
Public place
·         Memahami nama-nama tempat umum.
·         Mampu mengucapkan nama tempat umum  dengan ucapan dan lafal yang benar
·         Mampu menggunakan nama tempat umum  dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
The bus station is on Sisinga Mangaraja street
·         Membaca
·         Mendengarkan dan menirukan
·         Menentukan benar salah
·         Menyusun kata menjadi kalimat
·         Bermain peran
·         Melengkapi dialog
·         Menyayikan lagu
·         permainan

7
classroom
·         Memahami nama-nama benda yang berada di dalam ruangan kelas .
·         Memahami preposisi
·         Mampu mengucapkan nama benda yang berada di dalam ruangan kelas dengan ucapan dan lafal yang benar
·         Mampu menggunakan nama benda yang berada di dalam ruangan kelas dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
We are in the classroom now.

The cupboard is next to the blackboard.

Ina sits beside ulfa.

The blackboard is in front of the classroom.
·         Membaca
·         Mendengarkan dan menirukan
·         Bermain peran
·         Melengkapi kalimat
·         Melengkapi dialog
·         permainan



Silabus
Sekolah                       : SD ......
Kelas                           : VI
Mata Pelajaran            :Bahasa Inggris
Semester                     : 2(dua)

Lesson
Topic
Kompetensi bahasa
ungkapan
Kegiatan
8
Request and command
·         Memahami kalimat permintaan dan perintah
·         Mampu mengucapkan kalimat permintaan dan perintah dengan ucapan dan lafal yang benar
·         Mampu menggunakan kalimat permintaan dan perintah dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
Bring me a hammer ,please!

Will you bring me a hammer?

Would you bring me a hammer?

·         Mendengarkan dan menirukan
·         Melengkapi kalimat
·         Melengkapi dialog
·         Bermain peran
9
Direction
·         Memahami arah mata angin
·         Mampu menggunakan nama arah mata angin dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
My school is in the  south of the hospital.

The Bank is in the north- west of my school.
·         Membaca
·         Mendengarkan
·         Bermain peran
·         Melengkapi kalimat
·         Mendengarkan dan melengkapi
·         Menyanyikan lagu
10
Transportations
·         Memahami nama-nama alat trasnportasi.
·         Mampu mengucapkan nama alat trasnportasi dengan ucapan dan lafal yang benar
·         Mampu menggunakan nama alat trasnportasi dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
How I can get to the post office?

You can get there by taxi
·         Membaca
·         Mendengarkan
·         Bermain peran
·         Kegiatan berpasangan
·         Melengkapi kalimat
·         Menulis kalimat

11
travelling
·         Memahami kosa kata di stasiun kereta api ,terminal bus, dan bandara.
·         Mampu menggunakan kosa kata di stasiun kereta api ,terminal bus, dan bandara dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
Argo Bromo leaves for Surabaya at 09.20

The destination of flight number GA400 is surabaya
·         Membaca
·         Mendengarkan
·         Bermain peran
·         Kegiatan berpasangan
·         Melengkapi kalimat
·         Menulis kalimat

12
Hobby
·         Memahami macam-macam hoby.
·         Mampu mengucapkan macam-macam hoby  dengan ucapan dan lafal yang benar.
·         Mampu menggunakan hoby dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
My hobby is gardening

I like gardening
·         Membaca
·         Mendengarkan
·         Menentukan benar salah
·         Menyusun kata menjadi kalimat
·         Bermain peran
·         Melengkapi dialog
·         permainan

13
library
·         Memahami kosa kata dan kegiatan di perpustakaan dalam.
·         Mampu menggunakan kosa kata dan kegiatan di perpustakaan dalam percakapan dengan ucapan dan lafal yang benar
What book do you want  to read?

I want to read about outer space
·         Membaca
·         Mendengarkan
·         Bermain peran
·         Kegiatan berpasangan
·         Melengkapi kalimat
·         Menulis kalimat


Source :
GET READY FOR BEGINNERS
Bahasa Inggris SD jilid 3,edisi kedua
Erlangga

Friday, December 30, 2011

RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah               :  SD
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : VI (Enam) / 1
Materi                         : Fruits
Aspek/Skill                  : Berbicara
Alokasi Waktu             : 4 x 35 menit

Standar kompetensi       : siswa mampu memahami dan menyebutkan nama-nama buah-buahan
Kompetensi dasar           : siswa dapat menyebutkan nama-nama buah
Tujuan Pembelajaran :
 siswa dapat mengucapkan   nama-nama buah dengan lafal yang benar dan menambah kosa kata baru
Metode Pembelajaran : audioligual method
Langkah-langkah Pembelajaran :
kegiatan
Langkah-langkah
1.      Awal


2.      Inti







3.      Akhir
-Apersepsi
-Motivasi

-menanyakan siswa tentang nama buah-buahan dalam Bahasa Inggris
-guru memberikan materi dengan metode audiolingual diikuti siswa


-Evaluasi
-salam akhir



Sumber belajar
a.       Buku pembelajaran
b.      Narasumber (guru)
c.      Gambar buah-buahan

     Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal

Siswa mampu memahami dan menyebutkan nama-nama buah-buahan





1. Tes lisan






2. Tes tulis










1.Merespon pertanyaan / ungkapan lisan




2.Menjawab pertanyaan lisan secara tertulis









Ø 
Anak-anak tolong sebutkan nama buah-buahan yang kalian tahu dalam bahasa Inggris!



1.Arrange the letter into correct words (susunlah huruf ini menjadi kata):
a)      p-e-p-l-a
b)      n-a-a-b-n-a
2.translate into Indonesia (terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia):
a)      tomato =…..
b)      avocado=…..

a.Pedoman Penilaian
1. Untuk tes lisan penilaian dilakukan saat pembelajaran
2. Untuk tes tulis penilaian dilakukan pada akhir pembelajaran sebagai evaluasi



Mengetahui;

Kepala Sekolah SD...............




( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................


........., ....................20.....
Guru Bidang Study,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah               :  SD
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : VI (Enam) / 1
Materi                         : vegetables
Aspek/Skill                  : Berbicara
Alokasi Waktu             : 4 x 35 menit

Standar kompetensi       : siswa mampu memahami dan menyebutkan nama sayur-sayuran
Kompetensi dasar           : siswa dapat menyebutkan nama  sayur-sayuran

Tujuan Pembelajaran :
 siswa dapat mengucapkan   nama sayur-sayuran
 dengan lafal yang benar dan menambah kosa kata baru
Metode Pembelajaran : audioligual method
Langkah-langkah Pembelajaran :
kegiatan
Langkah-langkah
4.      Awal


5.      Inti







6.      Akhir
-Apersepsi
-Motivasi

-menanyakan siswa tentang nama sayur-sayuran
 dalam Bahasa Inggris
-guru memberikan materi dengan metode audiolingual diikuti siswa


-Evaluasi
-salam akhir



Sumber belajar
a.       Buku pembelajaran
b.      Narasumber (guru)
c.      Gambar sayur-sayuran


     Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal

Siswa mampu memahami dan menyebutkan nama-nama sayur-sayuran






1. Tes lisan






2. Tes tulis










1.Merespon pertanyaan / ungkapan lisan




2.Menjawab pertanyaan lisan secara tertulis









Ø 
Anak-anak tolong sebutkan nama sayur-sayuran yang kalian tahu dalam bahasa Inggris!



1.Arrange the letter into correct words (susunlah huruf ini menjadi kata):
c)      N-a-be
d)     L-i-c-h-i
2.translate into Indonesia (terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia):
c)      spinach =…..
d)     eggplant=…..

a.Pedoman Penilaian
1. Untuk tes lisan penilaian dilakukan saat pembelajaran
2. Untuk tes tulis penilaian dilakukan pada akhir pembelajaran sebagai evaluasi



Mengetahui;

Kepala Sekolah SD...............




( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................


........., ....................20.....
Guru Bidang Study,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................

Panduan menggunakan Appsheet untuk orang awam

  Penulis:  Bard (large language model from Google AI), 3 Juni 2024 AppSheet adalah platform pengembangan aplikasi tanpa kode (no-code) yang...